Skip to main content

CB150R: MATI SAAT STARTER DAN KELISTRIKAN TIDAK STABIL, APA SOLUSINYA?

Gambar 1 Kondisi mati saat kunci ON

Journal Dua Sembilan -  Berdasar dari pengalaman ane minggu lalu, motor CB150R  mogok tiba-tiba saat keadaan hujan. Saat dicoba dihidupkan kembali dengan starter ternyata motor malah mati total pedahal kunci dalam keadaan ON kemudian hidup kembali, saya coba dengan cara diselah berkali-kali pun hasilnya nihil. Saat itu saya berfikir ruang ACCU a.k.a AKI kemasukan air karena sebelumnya ane sempat menelibas jalanan dengan genangan air yang cukup tinggi. terpaksa saya dorong sampai nemu bengkel, karena saat itu sudah maghrib jadi cukup sulit mencari bengkel yang masih buka. dan Alhamdulillah, setelah dorong-dorong motor hujan-hujan ada bengkel yang masih buka. 

1. Cek setiap Slot Sikring.
Gambar 2 Slot sikring
Saat saya curhat apa yang ane alami barusan, tanpa mikir panjang si empunya bengkel (sebut saja si Aceng) itu langsung membuka jok motor ane dan ngecheck semua slot sikring. 

catatan: sekedar informasi bagi yang belum tahu, posisi sikring ada tepat dibawah jok, dekat dengan space untuk menyimpan kunci-kunci motor. bentuknya tertutup dan setalh dibuka akan ada slot kotak-kotak berwarna merah dan hijau.
Ternyata sikring ane masih dalam keadaan baik dan tidak ada yang terbakar.

2. Cek Daya Kelistrikan Aki

Setelah setiap slot sikring diperiksa si Aceng langsung mencabut AKI lalu menggantinya dengan AKI  motor MIO punya dia, dan alhasil.. Jreng, motor nyala kembali. saat itu pula  si Aceng menyimpulkan bahwa AKI nya lah yang nge-drop. berhubung bengkel si Aceng tidak menjual AKI, jadi ane numpang nge-charge AKI dulu supaya setidaknya ane bisa jalanin motor ane sampai nemu bengkel yang jual AKI. Setelah selesai di charge tibalah ane di bengkel yang jual AKI (sebut bengkel si Engkoh), lalu ane ganti dengan merk si 'Y' dengan daya 5 Amphere harganya 250 ribu. Akhirnya CB150R ane nyala lagi dengan normal. 

Senang?? tidak.. ternyata perjuangan ane belum berakhir sampai disitu. 

3. Cek Kondisi Dinamo Starter


Gambar 3 Kondisi dinamo starter sudah rusak

Merasa sudah percaya diri karena motor sudah bisa jalan dengan normal, ternyata keseokan harinya saat ane perjalanan menuju tempat kerja motor ane tiba-tiba mogok lagi. lampu sein redup, kelakson tidak berbunyi normal, tidak bisa di starter dan saat itu kondisi motor mati - nyala. ane selah berkali-kali sampai akhirnya nyala dan ane complaint ke bengkel si Engkoh. Setelah di cek kembali ternyata tertangkaplah sudah penyebab kenapa selama ini motor ane selalu mati dan berbunyi kasar saat di starter, ternyata kondisi Dinamo Starter nya sudah gosong dan ada bagian yang pecah. langsung aja ane ganti dengan harga 275 ribu.

Lega?? beluum.. ini bukan akhir dari perjuangan Bung.

4. Cek Kondisi Spul


Gambar 4 Kondisi spul sudah terbakar

Akhirnya motor sudah bisa dijalankan dengan normal kembali. Tapi tunggu, setelah ane tunggangi dengan jarak 30 KM (Bogor - Depok) ada yang aneh, lampu sein ane berkedip lambat dan redup, pas ane coba tes klakson pun kurang nyaring. Firasat kurang baik. tepat saat ane kena lampu merah dan harus berhenti, motor pun bener-bener berhenti sampai tidak mau nyala lagi. Lagi.. lagi.. dan lagi CB150R ane mogok lagi. dengan sekuat tenaga ane selah sampai motor nyala lagi, lalu anebalik lagi ke bengkel si Engkoh. si Engkoh pun geleng-geleng kepala. dan tindakan terkahir adalah si engkoh nyuruh mekaniknya untuk cek kondisi Spul Mesin. Untuk membuka cup Spul mesin cukup ribet karena untuk motor CB150 harus membuka rangka teralis. setelah terbuka,, taraa.. kondisi spul ane sudah gosong. Beruntung nya ane bengkel si Engkoh punya stock Spul untuk CB150 ori Honda dan tinggal satu-satunya. langsung ane pasang dengan harga 500 ribu. dan Jrengg.. Motor CB150 ane nyala dengan normal dengan tarikan seperti motor baru dan sampai saat ini ane kendarai aman.

Catatan: sebelum cek spul, lebih baik cek soketnya terlebih dulu, karena beberapa kasus penyababnya adalah dari soket spul yang terbakar.

Apa Penyebab Kelistrikan Motor Jadi Kurang Stabil ??

Bagi orang awam seperti ane, masalah kelistrikan motor memang menjadi masalah yang paling ribet dan sangat tidak diinginkan karena memang pada dasarnya ane tidak paham soal kelistrikan. Untuk itu, berdasarkan pengalaman diatas ane hanya ingin berbagi tips jangan sampai kejadian ini tidak terjadi pada orang-orang:
  1. Sebisa mungkin hindari pemakaian aksesoris yang menggunakan kelistrikan seperti lampu tambahan, klakson, dll.
  2. Hindari pemakaian saklar ON/OFF untuk motor yang sudah bawaan lampu utamanya harus ON terus seperti motor CB150R.
  3. Teratur lah dalam mengganti AKI
  4. Rajin memeriksa kondisi setiap soket kelistrikan.
  5. Sesekali mintalah mekanik untuk cek kondisi dinamo starter dan Spul saat service ke bengkel.
Sekian cerita pengalaman yang bisa ane share, semoga bermanfaat.


Comments

Jun husnul said…
Mau nanya om. Klu spidormeter nya mati. Konci kontak on. Tp lampu nyalah starter nyala. Cuma lampu full spidometer nya mati. Sent sama klakson juga mati. Kira-kira penyebab nya dari mana ya? Punya sya cb150r old th 2014
soewanto said…
Alhamdulillah terimakasih bro atas artikelnya. Kebetulan kemaren saya mengalami hal yang sama. Lalu saya baca artikel ini dan benar saja masalanya terletak pada spoolnya. Jadi saya tidak perlu ganti aki dan dinamo starter. Karena sudah dapat informasi dari artikel ini.
Unknown said…
Om saya mau nanya omm motor cb 150 saya gasnya ngak stabil padahal aki nya baru,spul nya jga baru trus klo dipasang salah satu kabel pengapian dari kiprok ke ECN motornya jadi mati tapi klo ngak dipasang kabelnya motor saya jadi stabil gasnya
Unknown said…
Om saya mau nanya omm motor cb 150 saya gasnya ngak stabil padahal aki nya baru,spul nya jga baru trus klo dipasang salah satu kabel pengapian dari kiprok ke ECN motornya jadi mati tapi klo ngak dipasang kabelnya motor saya jadi stabil gasnya
Unknown said…
Om saya mau nanya omm motor cb 150 saya gasnya ngak stabil padahal aki nya baru,spul nya jga baru trus klo dipasang salah satu kabel pengapian dari kiprok ke ECN motornya jadi mati tapi klo ngak dipasang kabelnya motor saya jadi stabil gasnya
Unknown said…
Alasan untuk tidak menambah tombol ON/OF pada lampu utamanya honda cb150r old ini apa bro?
Om mau tanya dong,motor ane cbr 150 r yang led,tadinya ane pasang klakson keong,trus tersentuh pipa yang ada dipulpam posisinya patah,trus ane ganti tuh pulpam yang baru,tiba2 ane stater nyala sebentar,trus mati,masalahnya apa ya Om ?dicek api posisi distater nyala percikan sebentar doang,sementara sudah stater panjang om,tolong solusinya om,trimakasih
Unknown said…
Bantu lolosin masalah motor cb150r ane nih om. Abis jatuh di jalan tiba-tiba starter nya eror. Starter nyala padahal kondisi of, dan gak bisa di matiin. Terpaksa copot aki biar mati. Setelah aki di pasang kembali malah sikring nya putus. Gak bisa di starter spido meter, klakson, lampu gak nyala,tapi pas di selah mesin nya idup dan klakson, lampu nyala. Cuma spido meter nya gak nyala. Itu kira kira masalah nya apa ya om. Sikring udah putus 3 kali di posisi yang sama
Unknown said…
Mau tanya nih om,sore tadi ketika mo pindahin motor cbnya eh pas di starter berat kek aki lemah,setelah hidup berbarengan semua lampu indikator nya nya dari indikator suhu,indikato injeksi and indikator gigi nya,di saat itu pula gas nya gede bentar dah tuh normal lagi kira2 apanya ya mohon dong infonya
Chepy said…
Sama kaya CB150R saya spull gosong
Susantosaja1 said…
Wah kacau ni, kayak nya motor CBR150R ku kenak spulnya
Susantosaja1 said…
Wah kacau ni, kayak nya motor CBR150R ku kenak spulnya
Syamsul ma'arif said…
Thks seperti yg saya alami sekarang T_T
Mar_One86 said…
Permasalahanya sama ni gan ane juga baru ganti aki baru ori GS cuma bertahan 2 hari ga ngisi kelistrikannya, stlh dibawa kebengkel trnyta aki baro ngedroop krna beban kelistrikan yang gbsa nyimpan listrik akhirnya sama bengkel dibongkar spull dalam keadaan baik tidak ada yang gosong, kiprok di cek masih aman infonya mekanik, motor dapat nyala normal, klakson normal gan, sudah 2 hari normal hari ke tiga mulai ada keanehan klakson kembali lemah, lampu kedip2 dan alhasil motor mati di tengah jalan gan, bisa nyala diengkol tapi hanya bisa jalan beberapa meter gan, ane emang pasang aksesoris lampu led dengab daya lebih hemat dari bawaannya hologen yang lebih panas sama pasang on off tadinya biar bisa menghemat listrik aki, yang mau ane tanyakan apakah ini bisa dari sikringnya gan?soalnya mekaniknya ga ngecek sikring waktu pertmaa ane bawa, mohon pencerahannya gan😁
Unknown said…
mau nanya bang, cb150r old 2013 kelistrikan lancar kyk lampu, sein, klakson msih aman. Tapi ga bsa di starter sama di engkol, kalau nyala hrus di sentak seperti di dorong baru mau nyala, mohon solusinya bang
YayaRb said…
Ini bener banget, motor suami cb 150 r. Awal tahun tiba² matot, dikira aki, ganti baru merk y, masih mati, dibawa kebengkel di cek socket kebakar, otomatis cek spul ud kebakar juga, ditawari gulung spul aja alasannya spul ori honda gak pke gulungan kuningan, jarak 2 bulan matot lg, aki masih normal, ke bengkel honda lg spull dah kena lg, gulung lagi, alasan socket kendor.terakhir kmaren kumat cek tegangan kluar gak pas, kudu digas dlu baru ngecharger akinya. Akhirny pindah ke bengkel honda lain yg besar minta spul dr honda aja yg baru biar sepaket sosocket diganti, karna sudah di bypass kmaren² takut rusak lagi. Bolak balik perbaiki cb 150 r 2014 pak suami abis 2juta lebih. Semoga sehat terus motorny

Popular posts from this blog

XIAOMI: PENYIMPANAN USB TIDAK TERDETEKSI, OPSI PENGEMBANG HILANG

Gambar 1 Logo Xiaomi dan USB Journal Dua Sembilan -  Berdasarkan dari keluhan teman-teman yang juga sesama owner Xiaomi, mereka tidak bisa men-sinkronkan file data mereka dari HP ke PC/Laptop, padahal kabel data yang digunakan adalah original (bawaan dari pabrik). Sudah coba dicabut dan disambungkan kembali berkali-kali tetap tidak muncul/terdeteksi pada layar PC/laptop sebagai penyimpanan data USB.  Kok bisa? jangan dulu panik, coba cara berikut ini: 1. Pastikan Kondisi Kabel Data. Penyebab awal mengapa mode penyimpanan data USB tidak terdeteksi di PC/Laptop biasanya adalah kondisi kabel data yang digunakan sudah tidak baik. Hal  tersebut dapat menyebabkan arus/koneksi antara HP dengan PC/Laptop menjadi tidak stabil sehingga tidak dapat tersinkron ke PC/Laptop. 2. Pastikan Mode MTP (Media Transfer Protocol) Sudah di Aktifkan. Gambar 2 Pilihan fungsi USB Jika kodisi kabel data yang digunakan s udah dipastikan   masih dalam keadaan baik, biasanya setelah H

TAK PUNYA BISNIS INGIN MENGHASILKAN UANG, DOLLAR, MUDAH DAN GRATISS?? BEGINI CARANYA!

Ilustrasi Nilai Tukar Rupiah - Dollar Journal Dua Sembilan - Ingin bisa menghasilkan uang tanpa punya bisnis, sekaligus Investasi mata uang Dollar GRATIS? Kok bisa? Ya jelas bisa. Disaat harga nilai tukarnya yang terus menguat kita bisa memanfaatkan margin kenaikannya sebagai keuntungan kita. Beraat.. beraat… masih ga paham.. Oke analogi sederhananya, kita punya uang dollar saat ini dengan kurs nilai tukarnya adalah 1 dollar = Rp 13.000 tapi siapa sangka 1 – 2 bulan kedepan nilai kursnya naik menjadi 1 dollar = Rp 15.000 bahkan lebih, dari selisih tersebut kita sudah untung Rp. 2.000, itu kalau 1 dollar. Bagaimana kalau kita punya 100 dollar, 1000 dollar bahkan lebih?  Nah, tapi gimana cara buat mendapatkan dollarnya? Tenaang,, disini bakal dikasih tau caranya dapetin dollar GRATIS secara detail, kalian cuma ikuti saja langkahnya step by step. Eits,, namun sebelum kalian dapetin dollar nya kalian harus punya PAYPAL sebagai syarat utamanya, karena diibaratkan PAYPAL ini l