Journal Dua Sembilan - Berdasar dari pengalaman ane minggu lalu, motor CB150R mogok tiba-tiba saat keadaan hujan. Saat dicoba dihidupkan kembali dengan starter ternyata motor malah mati total pedahal kunci dalam keadaan ON kemudian hidup kembali, saya coba dengan cara diselah berkali-kali pun hasilnya nihil. Saat itu saya berfikir ruang ACCU a.k.a AKI kemasukan air karena sebelumnya ane sempat menelibas jalanan dengan genangan air yang cukup tinggi. terpaksa saya dorong sampai nemu bengkel, karena saat itu sudah maghrib jadi cukup sulit mencari bengkel yang masih buka. dan Alhamdulillah, setelah dorong-dorong motor hujan-hujan ada bengkel yang masih buka.
1. Cek setiap Slot Sikring.
Saat saya curhat apa yang ane alami barusan, tanpa mikir panjang si empunya bengkel (sebut saja si Aceng) itu langsung membuka jok motor ane dan ngecheck semua slot sikring.
catatan: sekedar informasi bagi yang belum tahu, posisi sikring ada tepat dibawah jok, dekat dengan space untuk menyimpan kunci-kunci motor. bentuknya tertutup dan setalh dibuka akan ada slot kotak-kotak berwarna merah dan hijau.
Ternyata sikring ane masih dalam keadaan baik dan tidak ada yang terbakar.
2. Cek Daya Kelistrikan Aki
Setelah setiap slot sikring diperiksa si Aceng langsung mencabut AKI lalu menggantinya dengan AKI motor MIO punya dia, dan alhasil.. Jreng, motor nyala kembali. saat itu pula si Aceng menyimpulkan bahwa AKI nya lah yang nge-drop. berhubung bengkel si Aceng tidak menjual AKI, jadi ane numpang nge-charge AKI dulu supaya setidaknya ane bisa jalanin motor ane sampai nemu bengkel yang jual AKI. Setelah selesai di charge tibalah ane di bengkel yang jual AKI (sebut bengkel si Engkoh), lalu ane ganti dengan merk si 'Y' dengan daya 5 Amphere harganya 250 ribu. Akhirnya CB150R ane nyala lagi dengan normal.
Senang?? tidak.. ternyata perjuangan ane belum berakhir sampai disitu.
Merasa sudah percaya diri karena motor sudah bisa jalan dengan normal, ternyata keseokan harinya saat ane perjalanan menuju tempat kerja motor ane tiba-tiba mogok lagi. lampu sein redup, kelakson tidak berbunyi normal, tidak bisa di starter dan saat itu kondisi motor mati - nyala. ane selah berkali-kali sampai akhirnya nyala dan ane complaint ke bengkel si Engkoh. Setelah di cek kembali ternyata tertangkaplah sudah penyebab kenapa selama ini motor ane selalu mati dan berbunyi kasar saat di starter, ternyata kondisi Dinamo Starter nya sudah gosong dan ada bagian yang pecah. langsung aja ane ganti dengan harga 275 ribu.
Lega?? beluum.. ini bukan akhir dari perjuangan Bung.
Akhirnya motor sudah bisa dijalankan dengan normal kembali. Tapi tunggu, setelah ane tunggangi dengan jarak 30 KM (Bogor - Depok) ada yang aneh, lampu sein ane berkedip lambat dan redup, pas ane coba tes klakson pun kurang nyaring. Firasat kurang baik. tepat saat ane kena lampu merah dan harus berhenti, motor pun bener-bener berhenti sampai tidak mau nyala lagi. Lagi.. lagi.. dan lagi CB150R ane mogok lagi. dengan sekuat tenaga ane selah sampai motor nyala lagi, lalu anebalik lagi ke bengkel si Engkoh. si Engkoh pun geleng-geleng kepala. dan tindakan terkahir adalah si engkoh nyuruh mekaniknya untuk cek kondisi Spul Mesin. Untuk membuka cup Spul mesin cukup ribet karena untuk motor CB150 harus membuka rangka teralis. setelah terbuka,, taraa.. kondisi spul ane sudah gosong. Beruntung nya ane bengkel si Engkoh punya stock Spul untuk CB150 ori Honda dan tinggal satu-satunya. langsung ane pasang dengan harga 500 ribu. dan Jrengg.. Motor CB150 ane nyala dengan normal dengan tarikan seperti motor baru dan sampai saat ini ane kendarai aman.
Catatan: sebelum cek spul, lebih baik cek soketnya terlebih dulu, karena beberapa kasus penyababnya adalah dari soket spul yang terbakar.
Apa Penyebab Kelistrikan Motor Jadi Kurang Stabil ??
Bagi orang awam seperti ane, masalah kelistrikan motor memang menjadi masalah yang paling ribet dan sangat tidak diinginkan karena memang pada dasarnya ane tidak paham soal kelistrikan. Untuk itu, berdasarkan pengalaman diatas ane hanya ingin berbagi tips jangan sampai kejadian ini tidak terjadi pada orang-orang:
- Sebisa mungkin hindari pemakaian aksesoris yang menggunakan kelistrikan seperti lampu tambahan, klakson, dll.
- Hindari pemakaian saklar ON/OFF untuk motor yang sudah bawaan lampu utamanya harus ON terus seperti motor CB150R.
- Teratur lah dalam mengganti AKI
- Rajin memeriksa kondisi setiap soket kelistrikan.
- Sesekali mintalah mekanik untuk cek kondisi dinamo starter dan Spul saat service ke bengkel.
Sekian cerita pengalaman yang bisa ane share, semoga bermanfaat.
Comments